Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Ikan Cenang yang memiliki banyak Manfaat

Tahukah Anda???... Ikan cenang orang cilegon menyebutnya di tempat lain ikan ini memiliki sebutan juga yaitu ikan cere atau ikan cethul, ataua ikan jembling atau ikan cempli, nama ilmiahnya Gambusia affinis ikan ini termasuk dalam famili Poeciliidae, 

ikan cenang
ikan cenang yang sering kita temukan digot/selokan-selokan/sawah ini pada zaman waktu saya kecil begitu banyak dijumpai sekarang sulit menemukan ikan ini dan jarang sekali melihatnya.

Ternyata ikan ini bukan ikan asli dari indonesia ????...

Mau tahu dari mana asal muasal ikan ini sehingga nyampai ada diindonesia,ceritaya pada zaman dahulu ikan cenang dibawa melalui jalur perdagangan dan asli ikan ini berasal dari amerika tengah. pada tahun 1920an ikan cenang dibawa masuk ke indonesia untuk mencegah penyakit malaria yang pada waktu itu belum ada obatnya.

ikan ini memiliki panjang sekitar 60mm namun di alam ikan ini tumbuh hanya 35mm saja,ikan cenang ini ternyata memliki manffaat yang banyak untuk lingkungan sekitar yaitu mencegah penyakit melaria dengan cara menaburkan ikan ini di selokan-selokan/got got rumah kita. ikan cenang ini tergolong ikan bandel bisa hidup di got-got/selokan yang penuh limbah.

Previous
« Prev Post